Thursday, February 8, 2007

VALENTINE!? OH.... PALESTINE...

by aulia agus iswar
Brur, ga lama lagi kita bakal ngenyaksiin satu fenomena (bukan ”penampakan” tapi...). Apaan tuh? Yup, valentine day (VD), tanggal 14 Februari. Biasanya nih hari ditunggu-tunggu en dinanti-nantikan ama anak muda di seluruh dunia. Ga cuman itu. Anak-anak muda itu juga nyambut en ngerayaain VD dengan beragam cara. Yang jadi masalah, ternyata kita-kita yang katanya anak-anak muda muslim yang caem (ehm!) juga ikut ngerayain. Padahal mungkin di antara kita banyak yang kagak tau kalo VD itu sangat bertentangan ama iman Islam kita. So, banyak dech kita-kita yang kagak cerdas en kagak tau apa-apa. Asal ngikut aja (eh, doank..). Koq bisa? Ya bisalah, mangkanye kita kudu en musti paham betul ajaran agama kita. Trus kita juga kudu paham VD tuh apaan?
Okeh, kita bahas yuks beberapa hal tentang VD. Yang pertama, kita musti paham sejarah VD. Ngomong-ngomong soal sejarah VD, sebetulnya kagak ada kesepakatan. Banyak loh versinya. Ada yang bilang kalo tanggal 14 Februari itu adalah tanggal kematian Santo Valentinus (14 Februari 269 M) yang hidup zaman Kaisar Claudius.
Kalo kita teliti lebih jauh lagi, tanggal 14 Februari itu ada hubungannya ama kepercayaan mitos dan penyembahan berhala Romawi Kuno. Pertengahan bulan Februari itu dianggap sebagai masa-masa cinta dan kesuburan. Pertengahan Februari ini dinamain bulan Gamelion, yang dipersembahin buat pernikahan Dewa Zeus ama Hera.
Para pendeta zaman Romawi Kuno juga ngelakuin ritual penyembahan Dewa Lupercus dengan cara ngasih cara persembahan kambing tiap tanggal 15 Februari. Habis tuh, mereka pada minum anggur en lari-lari ke jalan-jalan kota Roma sambil ngebawa potongan-potongan kulit. Para perempuan bakal berebut buat megang kulit kambing itu, coz katanya (katanya siapa!?) itu bisa mendatangkan kesuburan. Ritual ini sebetulnya bagian dari ritual Perayaan Lupercalia antara tanggal 13-18 Februari. Tanggal 15-nya itu puncak. Tanggal 13 & 14-nya itu dipersembahin buat Dewi Cinta (Queen of Feverish Love) Juno Februata. Pas tanggal ini, anak-anak muda pada ngumpul trus mereka ngelakuin undian nama-nama gadis di dalam kotak. Anak-anak muda tadi ngambil nama-nama gadis secara acak. Gadis yang namanya keluar harus menjadi kekasih selama 1 taun ke depan penuh buat ”senang-senang” si anak muda tadi. Hiiiyy.. seyemm....
Nah, ternyata eh ternyata, waktu agama Katholik masuk ke Roma, ritual ini kagak hilang. Orang-orang Katholik ”ngambil” (bahasa kerennya ”adopsi”) nih ajaran en ritual ke dalam ajaran Katholik. Pas taun 496 M, Paus Gelasius I ngejadiin ritual Romawi Kuno ini jadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day buat ngehormatin Santo Valentino yang meninggal tanggal 14 Februari.
Siapa sech sebenernya Santo Valentinus itu? Wah, kagak ada penjelasan detail tuh. Sampe sekarang, ada beberapa versi nama Valentine yang meninggal tanggal 14 Februari. Versi pertama, Kaisar Claudius II memerintahkan Kerajaan Roma buat ngenangkep en menjarain Santo Valentine, coz dia udah berani bilang kalo tuhannya adalah Isa al Masih en menolak menyembah tuhan-tuhannya Romawi. Versi kedua bilang kalo Kaisar Claudius II melarang tentara-tentara muda yang bujangan buat menikah. Coz, menurut Kaisar, tentara muda yang bujangan itu lebih hebat dan kuat di medan peperangan kalo dibandingin ama tentara yang udah menikah. Valentino menentang aturan Kaisar ini dan dia menikahkan banyak tentara muda. Ketahuan dech ama Kaisar. Trus Santo Valentine ditangkap en dihukum gantung tanggal 14 Februari 269 M.
Nah, Brur, itu yang pertama kita kudu paham VD ntuh apaan. Trus kedua, kita juga kudu paham banget gimana ajaran Islam memandang perayaan-perayaan kayak VD ini. Begini, Islam membolehkan perayaan-perayaan yang tidak bertentangan dengan ajaran aqidah en iman Islam. Kayak Hari Ibu, Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan, ini boleh-boleh aja diperingatin, coz kagak bertentangan ama aqidah. Tapi kalo peringatan-peringatan yang berhubungan ama aqidah, sudah wajib seharusnya kita kagak ikut-ikutan, contohnya perayaan-perayaan agama lain. Logikanya, kalo kita ikutan ngerayain, berarti kita juga mengakui ajaran-ajaran yang laen itu, berarti iman en aqidah kita dipersoalkan & dipertanyakan! (Jawabannya apa dunk? Kayak ujian aja ada soal ama pertanyaannya...).
Nah, ngomong-ngomong soal VD yang biasanya disebut juga hari kasih sayang, biasanya nih hari dirayain dengan cara ”mengungkapkan” rasa cinta dan kasih sayang kepada lawan jenis. Caranya macem-macem. Ada yang ngasih kartu ucapan cinta, ”nembak”, ngasih coklat (hadiah), dll. Tapi ga cuman itu aja. Ada lho seorang perempuan yang sampe ”merelakan” keperawanannya direnggut oleh laki-laki yang bukan suaminya. Na’udzubillahimindzalik 700 kali dech.... Kasus ini beneran, kagak bo’ongan, banyak lagi! Kalo kagak percaya liat aja tuh hotel-hotel en ”hotel-hotel” yang “penuh” pas malemnya VD. (ck…ck…ck…). Mau jadi apa coba generasi muda muslim ini!? (jangan marah-marah gitu napa!? Oya dech, peace...peace...).
Emang apa sech sebetulnya arti Valentine itu? Kata ”Valentine” itu berasal dari bahasa Latin yang artinya ”Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat, Yang Maha Kuasa.” Biasanya orang-orang yang ngerayain VD ngucapin kata ”Be my Valentine” kepada pasangannya. Kalo kita orang Islam ngucapin ”Be my Valentine” ke seseorang, berarti kita udah menganggap seseorang itu tuhan kita, berarti ada tuhan selain Allah. Kan ”Yang Maha Perkasa, Maha Kuat, Maha Kuasa” cuma Allah. Weleh..weleh.. bahaya banget khan!
Gimana, Brur? Dah ada pencerahan khan? Emangnya lampu? Maksudnya dah ada pemahaman tentang VD yang kagak sesuai banget ama aqidah Islam belum? Kalo belum paham juga, waduh gawat nih (bisa-bisa kagak lulus SPMB dah...).
Yaahhh gitu dech, Brur. Dari pada ngerayain Valentine Day (VD), mendingan kita ngerayain Palestine Day (PD). Kapan tuh PD? Tiap hari tau! Koq tiap hari? Ya iyalah, coz tiap hari sodara-sodara muslim kita di Palestina menghadapi kezhaliman Zionis yang bengis en sadis alias anarkis. Masa’ sech kita yang ngaku muslim ini kagak peduli ama penderitaan sodara-sodara muslim di Palestina? Dari pada kasih sayang kita dicurahin buat si ”Valentine”; dosa khan? Akan jauh lebih mulia dan baik kalo kita curahin rasa kasih sayang kita itu ke ”Palestine”; pahalanya besar khan? Di Palestina, kezhaliman en keangkaramurkaan Zionis sangat nyata en puncaknya di situ. Zionis ini adalah biang kerok en dedengkot kerusakan-kerusakan yang terjadi di dunia selama ini. Zionis adalah nenek moyang kejahatan! So, hidup Palestina! Hidup Palestine Day(PD)! Ceilleeeh semangatnye….OK, Brur. Moga-moga bermanfaat en kita semakin cerdas en shaleh. Moga-moga juga kita semua dikumpulin ama Allah di SurgaNya nanti. Amiiin. (a2i)

No comments: