Thursday, February 8, 2007

JELANG GEMPITA TAHUN BARU 1428 HIJRIYYAH (gaul version)

by aulia agus iswar
Brur, bulan Januari ini kita bakalan ketemu ama 2 tahun baru. Tahun baru Masehi kemaren dah lewat pas tanggal 1 Januari 2007. Ntar lagi kita bakal nyambut Tahun Baru Hijriyyah pas tanggal 1 Muharram 1428; Tahun Baru Islam nich! Kalender (kalender bukannya yang ada di Duren Sawit? Itu mah Klender atuuuhh...) penanggalan kita biasanya kalo ga make Masehi, make Tahun China, Tahun Saka atawa Tahun Hijriyyah. Nah, sebagai seorang muslim yang baik (ehm!) alangkah kerennya kalo kita make penanggalan Hijriyyah sebagai identitas muslim. Tapi untuk sekarang emang susah sich, soalnya khan sedunia kebanyakan pada make Tahun Masehi. Jadwal sekolah, kerja, hari libur aja make kalender Masehi.
Tapi buat sekarang kita minimal ”nyambut” aja dulu. Soalnya sekarang yang rame kalo nyambut Tahun Baru Masehi doank. Kita-kita yang katanya orang Islam (bocah-bocah, remaja, anak gede, yang tua ) juga nyambut Tahun Baru Masehi dengan gegap gempita en meriah. Wow!!! Padahal tahun Baru Masehi bukan punya orang Islam. Tahun Masehi itu ditetapkan berdasarkan revolusi bumi terhadap matahari. Tahun Msehi disebut Syamsiyyah (syams=matahari). Dan Tahun Masehi ini, menurut satu kabar, dimulai ketika Yesus lahir. Jadi Yesus itu lahir pas Tahun 1 Masehi. Makanya nama tahunnya dinamain Masehi (”Masehi” mirip ama ”al Masih” yang diambil dari nama Yesus, Isa al Masih).
Ngomong-ngomong Hijriyyah, gimana yach cara nyambut Tahun Baru 1428 H? Gini, pertama kita kudu tau sejarah Tahun Hijriyyah dulu. Tahun Hijriyyah itu dimulai dari zaman Rasulullah pas hijrah ke Madinah. Hijriyyah itu disebut Qamariyyah (qamar=bulan) karena menetapkan waktu berdasarkan revolusi bulan. Rasulullah en para shahabat make Tahun Hijriyyah buat penanggalan, bukan Masehi. Nah, kalo gitu jelas khan Hijriyyah itu punya kita semua orang Islam.
Trus yang kedua, kita juga kudu tau keutamaan bulan pertama Tahun Hijriyyah yang namanya Muharram. Bulan Muharram itu termasuk 4 bulan (Dzulqa'dah Dzulhijjah, Muharram dan Rajab) yang Dimuliakan Allah, mangkanye dinamain bulan Haram. Maksudnya, kita ga boleh berperang di dalam bulan-bulan ini. ”Sesungguhnya jumlah bulan di Al Quran ada 12 bulan sejak Allah Menciptakan langit dan bumi, 4 di antaranya adalah bulan-bulan haram.” (Q.S. At Taubah : 36).Tau ga keutamaan bulan Muharram yang laen? Di bulan Muharram ini kita disunnahin untuk berpuasa. Kata Rasulullah : "Sebaik-baik puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa di bulan muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam" (HR. Muslim). Puasa Muharram itu disebut puasa Asyura yaitu puasa pas tanggal 10 Muharram. Atw puasa 2 hari tanggal 9 & 10 Muharram juga boleh. Keutamaan puasa Asyura itu bisa (mudah-mudahan, Insya Allah...) ngehapusin dosa-dosa setahun kemaren lho. Dari Abu Qatadah ra. Rasululllah ditanya tentang puasa hari 'asyura, beliau bersabda: " Saya berharap ia (puasa Asyura) bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang telah lewat" (HR. Muslim). Wah, kalo gitu yuks rame-rame kita puasa Asyura. Eit, tapi kalo ada utang puasa Ramadhan kemaren, dibayar dulu yak! Kalo dah ga punya utang puasa Ramadhan, baru dech puasa Asyura kita jabanin!
Trus ketiga, kita atur en rencanain hidup baru yuks. Awal tahun itu saat yang pas buat bikin rencana hidup selama setaon ke depan, iya gak? Nah, coba dech rencanain hidup sebaik mungkin (mau kuliah di mana, mau belajar apa aja, mau aktif di organisasi apa, de el el.). Ngebuat perencanaan itu juga diperintahkan Allah lho. ”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”[Q.S. al Hasyr :18]
Trus keempat, coba dech jauhi kebiasaan-kebiasaan (tradisi) yang syirik (musyrik) di bulan Muharram ini. Ada yang orang Jawa? Yap, di Jawa ada tradisi yang namanya malam tanggal 1 Suro. Suro itu nama bulan Muharram dalam bahasa Jawa. Nah, sebagian orang Jawa percaya kalo malam 1 Suro (Muharram) itu malam keramat. Bisa jadi banyak orang yang ketiban celaka. Mangkanye banyak orang Jawa yang kagak mau pergi ke mana-mana pas malam 1 Suro itu. Mereka cuma diem di rumah kagak mau ke mana-mana. Jadinya kayak Nyepi di Bali gitu dech. Mereka percaya kalo bepergian pas malem 1 Suro takut bakal dapet celaka. Bahkan pas malem itu ada upacara-upacara tertentu di Pantai Parang Tritis & Parang Kusumo, Yogyakarta. Syirik nich. Semuanya dilakuin biar terhindar dari celaka. Nah, yang kayak beginian jangan dipercaya ya. Kagak ada hubungannya malem 1 Suro (Muharram) ama ”celaka” (Jaka Sembung kagak bawa golok, ga nyambung booo’!). Kepercayaan-kepercayaan gini bertentangan ama aqidah Islam.
OK, Brur. Moga-moga aje bermanfaat. Selamat menunaikan puasa Asyura (Muharram) ya. Selamat juga memeriahkan Tahun Baru 1428 Hijriyyah. Oya, A’a BOY juga mau ngucapin ”Selamat Tahun Baru 1428 Hijriyyah”. Tahun Baru, rencana baru, semangat baru! (a2i)

No comments: