Thursday, February 8, 2007

MUSLIM PARADOX (gaul version)

by aulia agus iswar
Bro&Sis, judul di atas bukan judul novel lho, apalagi judul film fiksi Hollywood ato Bollywood punya. Judul ini justreu nyeritain tentang sebuah kenyataan. Maksudnya kenyataan apa yah?Begini ceritanya…(bukan bo’ongan lho! Suer dah!)Terbetiklah kisah seorang reformis (mujaddid) muslim bernama syaikh Muhammad ‘Abduh (sekitar abad XIX di Mesir). Suatu ketika bliao masuk ke sebuah restoran di Eropa. Tiba-tiba bliao melihat tulisan (kayak mading kali ya?) yang kurang–lebih isinya “sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara”. Bliao mikir-mikir sampe ngeluarin ungkapan yang terkenal : “Di Barat, saya tidak menemukan orang Islam, tapi saya melihat Islam ada di sana. Sedangkan di negeri-negeri muslim, saya banyak melihat di mana-mana ada orang Islam, tapi saya tidak melihat Islam ada di sana.”
Ngarti kagak, Bro?Begini maksudnya …Tulisan yang bliao liat di restoran tadi seenggak-enggaknya ngegambarin kenyataan perilaku orang-orang Eropa (meskipun kagak semua) dalam kehidupan keduniaan (contohnya makan). Isi tulisan itu mirip banget maknanya sama hadits Rasulullah : “Jika kamu makan, sisakan sepertiga untuk minum dan sepertiga lagi untuk bernafas.” Berarti orang-orang Barat Islami dalam hal kebiasaan en keduniaannya khan? Meskipun mereka tidak Islami dalam hal keimanan en keakhiratannya. Mereka kagak shalat, kagak percaya ama Allah en Rasulullah, kagak ngedalamin al Quran. Tapi, mereka sangat menjaga kebersihan, kedisiplinan, etos kerja juga tinggi, mereka juga nguasain yang namanya ilmu pengetahuan en teknologi. Kebalikannya ama kita orang Islam. Kita Islami dalam hal keakhiratannya, tapi tidak Islami (ato kurang kali yee..) dalam hal keduniaannya. Tul gak?
Coba perhatiin deh, Bro&Sis… Islam tuh ngajarin kita buat disiplin, kerja keras, nyari ilmu sebanyak-banyaknya, semangat yang tinggi, tak mudah putus asa, rajin, dll. Tapi gimana kenyataannya kita orang Islam? Gimana hayo? Yaahh, kalo mau jujur sich, iya berkebalikan. Kita tuh ga disiplin (telatan, bukan teladan). Kita gampang nyerah, lemes, males, kurang pinter (nggak nguasain ilmu pengetahuan en teknologi). Mungkin kita juga suka nyontek kalo pas lagi ulangan (hayo ngaku!). Bahkan nih, katanya Indonesia termasuk negeri yang sarat ama korupsi (padahal Islam ngelarang banget tuh korupsi) dengan ranking atas sedunia.
Pernah juga sastrawan kita Taufiq Isma’il ngelakuin penelitian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Yang diteliti tuh berapa jumlah buku sastra yang dibaca habis ama anak SMA selama setaon. Di Singapura, buku sastra yang habis dibaca ama anak SMA dalam setaon rata-rata berjumlah 6 buah. Brunai Darussalam 7 buah. Thailand 5 buah. Jepang 15 buah. Kanada 13 buah. Perancis 20 buah. Belanda 30 buah. Amerika Serikat 32 buah. Coba tebak dech, angka berapa untuk Indonesia? Ternyata, enol (O), Sodara-sodara! Masya Allah. Ini buku sastra, gimana buku-buku tentang Islam ama IPTEK? Jangankan baca, kepikiran aja kagak kali yak!? Wuuiiihh…
Nah, ini yang namanya Paradox (berkebalikan) itu. Islam itu ibarat langit, sedangkan orang Islam ibarat sumur (lebih dalem dari bumi khan?). Jauh banget langit ama sumur. Mangkanye nih, yang banyak muslim KTP-an. Padahal Islam itu tuh warisan agung dari Rasulullah buat kita-kita pada. Masa’ sich yang namanya warisan kita kagak mau? Warisan koq dibuang-buang en disia-siain. Pantes aja dech kalo warisan itu (Islam) “direbut” ama orang-orang yang bukan Islam, termasuk IPTEK-nya. Kita “ambil” lagi yux warisan (Islam) kita. Gimana caranya? Kita kudu merubah diri kita menjadi muslim yang sejati (ceilleee…). Solusinya ya ngaji (nyari ilmu en ngebina kepribadian). Itu aja dulu dilakuin. Kita yang “sumur” ini kudu menggapai Islam yang “langit”. OK, Bro? SEMANGAT! (a2i)

No comments: