Thursday, February 8, 2007

CINTA SANG IBU

by aulia agus iswar
Dikisahkan… Seorang ibu sedang duduk-duduk di rumahnya. Ia seperti merenung dan memperhatikan tangannya yang terlihat sangat buruk dan jelek. Tak lama, dipanggilnyalah anak perempuannya. “Nak, kemarilah sebentar.” Pintanya. “Iya, Ibu.” Jawab si anak sambil mendekat dan duduk berdekatan di hadapan sang ibu. Dipandanginya sang ibu beberapa saat lamanya. “Ibu ingin bercerita tentang tangan ibu yang buruk dan jelek ini..” kata sang ibu.
“Dahulu, ketika kamu masih bayi, ibu bekerja sebagai tukang cuci baju. Suatu hari ibu mencuci baju di rumah orang. Lalu ibu pulang ke rumah. Ibu terkejut ketika ternyata rumah kita telah dilalap api. Ibu panik. Ibu segera teringat kamu yang waktu itu tertidur dan ibu tinggal bekerja. Hanya itu yang ibu ingat. Dan segera ibu menyelinap masuk ke rumah, padahal api sudah membesar. Tapi ibu tidak memikirkannya. Kucari-cari dirimu. Tidak sulit menemukanmu, karena terdengar kamu menangis di tengah amuk api. Ibu pun berhasil menggendongmu. Tapi ketika akan keluar, sebuah tiang kayu yang terbakar rubuh dan menimpa tangan ibu sampai terjatuh. Runtuhnya tiang kayu itulah yang menyebabkan tangan ibu buruk dan jelek seperti sekarang ini…” cerita sang ibu sambil mengenang peristiwa belasan tahun silam itu.
Tak lama, sang anak memegang, memeluk dan diciuminya tangan sang ibu yang buruk itu. “Kini aku tahu betapa perkasa dan mulianya tangan ibu ini. Aku semakin sayang sama ibu, sayang sama tangan ibu.” Kata sang anak lirih, bergetar, dengan linangan air mata…

Pren, kisah di atas ngingetin kita tentang kasih sayang en pengorbanan seorang ibu. Kita juga bisa ngeliat tentang betapa perkasanya seorang ibu buat nyelamatin anaknya. Seorang ibu bakal berbuat apa aja (asal tidak melanggar aturan Allah) agar anaknya bisa tetep hidup. Berarti bener ya bunyi satu ungkapan “Kasih ibu sepanjang masa”.
Tapi, Pren. Kalo di Barat ada orang tua (ga semua tapi) yang sampe ngomong gini : “Ketika aku mati nanti, anjing kesayanganku inilah yang akan peduli padaku, anak-anakku hanya akan meributkan warisanku.” Koq ada ya orang tua yang sampe ngomong kayak gitu, tanya ken-napa?
Itu kalo di Barat. Kalo di sini, kita mungkin pernah beberapa kali denger di berita-berita ada anak yang tega ngebunuh ibunya sendiri ato sampe memperkosa ibunya (Na’udzubillahi mindzalik, la’nat Allah atas orang-orang kayak gini!).
Itulah, Pren realitas yang terjadi. Itu yang sering kita denger, trus kalo kita gimana? Mungkin kita kagak sekejam contoh-contoh tadi. Tapi coba dech dipikir en direnungin. Kita nih emang Diciptain ama Allah. Tapi emangnya kita langsung diturunin dari langit? Kagak khan? Kita Diciptain Allah lewat rahim ibu kita khan? Bukan rahim ibu orang lain khan (ya iyalah!)? Apalagi rahim seekor binatang (yaa kalo dari rahim binatang maah kita hewan donk, Boy? Gimana sich!)… Dah gitu, kita juga “digedein” (dikasih makan-minum en pendidikan, ibaratnye dikasih “milk” en “honey”) sampe kita kayak gini sekarang (emang kayak gimana?).
Tapi, Pren. Apa yang udah kita kasih ke ibu kita? “Milk” en “honey”? Boro-boro kayak gitu, kita malah sering nyakitin ibu kita. Berapa kali ibu marah, sakit en nangis gara-gara tingkah laku kita? Gara-gara kita bandel en nakal. Gara-gara kita males belajar en beribadah. Maeeen mulu! Kapan juga kita ngebantuin ibu kita? Kalo dah kayak gini, begimane kita mau ngebalas jasa-jasa ibu? Pren, biasanya nih gimana sikap kita ke ibu kita sekarang, begitulah sikap anak kita ke kita nanti! (a2i)

No comments: